4 Cara Tepat Merawat Tas Wanita Berbahan Rotan, Anti Rusak dan Awet!

tas wanita


Tas wanita dari anyaman rotan telah menjadi item fashion yang populer selama bertahun-tahun. Apalagi dengan bentuk aksennya yang semakin beragam saat ini, tas rotan dengan keunikannya tersendiri begitu diminati oleh banyak orang.

Buat kamu yang suka mengoleksi tas rotan seperti itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara perawatannya yang tepat supaya tidak mudah rusak dan lebih awet. Tidak sulit, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan.


Cara Tepat Merawat Tas Rotan


1. Bawa Barang Sesuai Kapasitas Tas

Tidak hanya tas rotan, sebenarnya hal ini harus kamu lakukan untuk semua tas yang dimiliki. Karena apapun yang digunakan melebihi kapasitasnya pasti akan lebih cepat mengalami kerusakan, begitu pula dengan tas. Terlebih untuk tas rotan, yang pada dasarnya tidak seperti bahan kain atau kulit yang memiliki sifat luwes.

Meskipun sudah dikombinasikan dengan bahan lainnya dan memilih rotan berkualitas terbaik, tetap saja tidak disarankan menyimpan banyak barang di dalamnya. Karena rotan adalah bahan yang relatif kaku sehingga tas bisa cepat rusak jika diisi dengan terlalu banyak barang.


2. Jemur Tas Secara Berkala

Jika kamu memiliki tas wanita berbahan rotan, ada baiknya untuk menjemur tas secara berkala sebagai bentuk perawatannya. Apalagi jika kamu terbiasa menyimpan tas di dalam lemari. Menjemur tas akan membantumu menghindari jamur maupun mikroorganisme perusak lainnya.

Namun perlu diperhatikan, jangan menjemur tas langsung di bawah sinar matahari. Itu akan mengurangi ketahanan kualitas tas dan membuat warna asli tas rotan cepat memudar. Carilah tempat yang teduh dan sejuk saat menjemurnya untuk menghilangkan kelembapan berlebih.


3. Amankan dari Air

Meskipun rotan adalah bahan keras alami, tapi kamu harus ingat kalau tas rotan itu tidak waterproof. Apabila terkena air, anyaman rotan bisa menjadi longgar dan lama kelamaan rusak. Jadi jika kamu kehujanan saat memakai tas rotan atau tas kamu terkena cipratan air, maka segera bersihkan dan jemur sampai kering.


4. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan tas sebaiknya dilakukan secara berkala, tidak hanya saat kamu kehujanan saja. Ketika sudah lama tidak digunakan atau saat kamu memakainya setiap hari, debu tetap bisa menempel dan menumpuk di permukaan tas. Apalagi tas rotan punya sela-sela kecil yang memungkinkan debu terperangkap di sana. 

Itulah kenapa sangat penting untuk membersihkannya secara berkala. Selain memakai lap bersih, kamu bisa memanfaatkan kuas cat atau penyedot debu berukuran mini untuk menghilangkan debu yang menempel. 


Sudahkah kamu merawat tasmu dengan baik sampai sekarang? Jika belum, mungkin itu salah satu alasan kenapa tas yang kamu miliki jadi lebih cepat rusak. Jadi mulai sekarang pastikan merawatnya dengan baik. Ikuti tips di atas untuk tas wanita berbahan rotan. Dijamin tas akan lebih awet dan tidak mudah rusak!

Temukan koleksi tas wanita terbaru yang stylish dan elegan dari Buttonscarves! Terbuat dari kulit genuine leather bag, menjadikannya tas yang berkualitas dan lebih tahan lama. Cek koleksinya sekarang juga di website Buttonscarves atau di offline store terdekat!


No comments